Hamdanah . (2020). STUDI LITERATUR : PENILAIAN PELAKSANAAN ASUHAN KEFARMASIAN DI APOTEK BERDASARKAN SUDUT PANDANG PASIEN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (463kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (194kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstrak

Asuhan kefarmasian merupakan tanggung jawab seorang apoteker yang berkaitan dengan pengobatan pasien guna mencapai outcome terapi yang ditetapkan dan memperbaiki kualitas hidup pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian pelaksanaan asuhan kefarmasian yang dilakukan oleh apoteker berdasarkan sudut pandang pasien. Penilaian dilakuan pada aspek harapan, pengalaman dan persepsi pasien terhadap layanan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker menggunakan metode studi literatur pencarian jurnal terkait. Jurnal yang harus terindeks sinta 1-4 untuk jurnal Nasional ataupun terindeks Scopus untuk jurnal internasional. Jurnal yang digunakan harus membahas mengenai harapan, pengalam dan atau persepsi pasien terhadap layanan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker di apotek. Secara umum, pasien memiliki harapan yang baik terhadap pelaksanaan asuhan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker, namun di sisi lain pasien memiliki pengalaman yang kurang baik terhadap layanan apoteker. Persepsi pasien dapat dibentuk salah satunya dari harapan serta pengalaman mereka terhadap layanan yang diberikan oleh apoteker. Dengan demikian, pasien juga memiliki persepsi yang kurang baik terhadap pelaksanaan asuhan kefarmasian yang diberikan apoteker, bahkan ada juga muncul ketidak percayaan pasien terhadap peran apoteker dalam memberikan layanan kefarmasian. Hal ini perlu dijadikan sebagai bahan evaluasi apoteker atas kinerja apoteker agar dapat melaksanakan asuhan kefarmasian secara komprehensi guna dapat meningkatkan eksistensi profesi dimata masyarakat. Kata kunci: asuhan kefarmasian, harapan, pengamalan, perseps

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Risya Mulyani, Hasan Ismail
Tema: Farmakologi dan Obat-obatan
Farmasi
Program Studi: Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:07
Last Modified: 18 Nov 2020 03:07
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item