Hamdanah . (2020). STUDI LITERATUR : PENILAIAN PELAKSANAAN ASUHAN KEFARMASIAN DI APOTEK BERDASARKAN SUDUT PANDANG PASIEN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
2. BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
![]() |
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
10. MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstrak
Asuhan kefarmasian merupakan tanggung jawab seorang apoteker yang berkaitan dengan pengobatan pasien guna mencapai outcome terapi yang ditetapkan dan memperbaiki kualitas hidup pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian pelaksanaan asuhan kefarmasian yang dilakukan oleh apoteker berdasarkan sudut pandang pasien. Penilaian dilakuan pada aspek harapan, pengalaman dan persepsi pasien terhadap layanan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker menggunakan metode studi literatur pencarian jurnal terkait. Jurnal yang harus terindeks sinta 1-4 untuk jurnal Nasional ataupun terindeks Scopus untuk jurnal internasional. Jurnal yang digunakan harus membahas mengenai harapan, pengalam dan atau persepsi pasien terhadap layanan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker di apotek. Secara umum, pasien memiliki harapan yang baik terhadap pelaksanaan asuhan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker, namun di sisi lain pasien memiliki pengalaman yang kurang baik terhadap layanan apoteker. Persepsi pasien dapat dibentuk salah satunya dari harapan serta pengalaman mereka terhadap layanan yang diberikan oleh apoteker. Dengan demikian, pasien juga memiliki persepsi yang kurang baik terhadap pelaksanaan asuhan kefarmasian yang diberikan apoteker, bahkan ada juga muncul ketidak percayaan pasien terhadap peran apoteker dalam memberikan layanan kefarmasian. Hal ini perlu dijadikan sebagai bahan evaluasi apoteker atas kinerja apoteker agar dapat melaksanakan asuhan kefarmasian secara komprehensi guna dapat meningkatkan eksistensi profesi dimata masyarakat. Kata kunci: asuhan kefarmasian, harapan, pengamalan, perseps
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Risya Mulyani, Hasan Ismail |
Tema: | Farmakologi dan Obat-obatan Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > S1 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 03:07 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 03:07 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |