Emka, Sri Amanda Novianti . (2020). GAMBARAN KESESUAIAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT NON RACIKAN DAN OBAT RACIKAN BERDASARKAN INDIKATOR MUTU PELAYANAN KLINIS DI UPT PUSKESMAS SUNGAI TABUK 1 KABUPATEN BANJAR. KTI (Karya Tulis Ilmiah), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
a. COVER.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
b. BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
![]() |
Text
c. BAB 1.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
d. BAB 2.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
e. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
![]() |
Text
f. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
Text
g. BAB 5.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
i. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
j. MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
Abstrak
UPT Puskesmas Sungai Tabuk 1 menetapkan indikator mutu pelayanan klinis, salah satunya adalah waktu tunggu pelayanan resep. Waktu tunggu pelayanan resep adalah waktu yang dibutuhkan sejak pasien memasukkan resep sampai dengan obat siap diberikan kepada pasien. Waktu tunggu pelayanan resep di UPT Puskesmas Sungai Tabuk 1 untuk obat non racikan ≤ 5 menit dan untuk obat racikan ≤ 15 menit. Waktu tunggu pelayanan resep obat non racikan dan obat racikan ditetapkan target sebesar ≥80% dan standar sebesar 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesesuaian waktu tunggu pelayanan resep obat non racikan dan obat racikan berdasarkan indikator mutu pelayanan klinis di UPT Puskesmas Sungai Tabuk 1 Kabupaten Banjar. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan data secara observasional, yaitu pengamatan secara langsung untuk mengetahui lamanya waktu tunggu pelayanan resep. Berdasarkan indikator mutu pelayanan klinis, penelitian pada bulan Januari 2020 didapatkan hasil dari total resep obat non racikan yang berjumlah 1.693 resep terdapat 1.477 resep dengan persentase 87,24% yang sesuai waktu tunggu. Sedangkan untuk obat racikan yang berjumlah 75 resep terdapat 48 resep dengan persentase 64% yang sesuai waktu tunggu. Hasil waktu tunggu pelayanan resep obat non racikan telah memenuhi target waktu tunggu pelayanan resep, namun belum memenuhi standar waktu tunggu pelayanan resep. Sedangkan hasil waktu tunggu pelayanan resep obat racikan belum memenuhi target dan standar waktu tunggu pelayanan resep. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Pelayanan Resep, UPT Puskesmas Sungai Tabuk 1 Rujukan : 10 (2006 – 2019)
Jenis Artikel: | KTI (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Pembimbing: | Dedi Hartanto, Pretty Wulan Sari |
Tema: | Farmakologi dan Obat-obatan Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:44 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:44 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |