Purnama, Syahida . (2022). PROFIL KECERDASAN EMOSIONAL APOTEKER DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
SKRIPSI SYAHIDA PURNAMA FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstrak

Apoteker sebagai tenaga kesehatan yang berkewajiban dalam pengelolaan atau pelayanan kefarmasiaan di apotek memiliki peran yang sangat penting. Profesi apoteker telah digambarkan sebagai campuran kompetensi klinis dan orientasi layanan terhadap kepedulian. Apoteker yang memiliki kualitas layanan yang baik sekalipun masih belum cukup untuk membangun courtesy tanpa memiliki kecerdasan emosional karena seorang apoteker yang mempunyai kecerdasan emosional akan mampu mengendalikan dirinya sendiri, memahami perasaan pasien dan membangun hubungan yang baik kepada pasien. Di Indonesia belum ada penelitian terkait kecerdasan emosional apoteker dalam pelayanan kefarmasian di apotek. Tujuan penelitian mengetahui profil kecerdasan emosional apoteker dalam pelayanan kefarmasian di apotek. Penelitian ini dilakukan pada 30 apoteker di 30 apotek yang tersebar di seluruh kecamatan Kota Banjarmasin dengan desain penelitian cross-sectional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner dengan skala likert. Hasil yang di dapat adalah apoteker yang memiliki kecerdasan emosional rendah sebanyak 4 (13,3%) apoteker yang memiliki kecerdasan emosional yang cukup sebanyak 23 (76,7%) dan apoteker yang memiliki kecerdasan emosional yang baik sebanyak 3 (10%). Kata Kunci : Apoteker, asuhan kefarmasian, kecerdasan emosional. Daftar Pustaka : 69 (2001-2021)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Risya Mulyani, Hasan Ismail
Tema: Farmakologi dan Obat-obatan
Farmasi
Program Studi: Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:50
Last Modified: 03 Aug 2022 01:50
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item