HILMALIA . (2023). GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK MELIA BANJARMASIN. KTI (Karya Tulis Ilmiah), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER Hilmalia.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN Hilmalia.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Hilmalia.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
BAB 2 Hilmalia.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB 3 Hilmalia.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB 4 Hilmalia.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB 5 Hilmalia.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Hilmalia.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN Hilmalia.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstrak
Kepuasan pasien dapat dikatakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh apotek. Jika kepuasan pasien yang dihasilkan baik, berarti pelayanan yang disuguhkan oleh apotek tersebut juga baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Melia Banjarmasin yang meliputi ketanggapan (responsiveness), kehandalan (reliability), jaminan (assurance), keramahan (empathy) dan bukti nyata (tangible). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non- probability sampling dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian terhadap 100 responden mengenai tingkat kepuasan pasien di Apotek Melia Banjarmasin menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan dari yang terbesar secara berurutan yaitu pada dimensi keramahan kategori sangat puas (3,38), jaminan kategori sangat puas (3,31), ketanggapan kategori puas (3,25), kehandalan kategori puas (3,16), dan bukti nyata kategori puas (3,15). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Melia Banjarmasin berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan adalah puas dengan nilai 3,25. Kata kunci : Apotek, Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien Daftar Pustaka : (39), (2009-2022 )
Jenis Artikel: | KTI (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Pembimbing: | apt. Raudatul Patimah, M. Farm, apt. Hendra, M.Farm.Klin |
Tema: | Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
Depositing User: | utama |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 01:55 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 01:55 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/4052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |