Elasari, Yunina . (2019). HUBUNGAN PELAKSANAAN DIMENSI PATIENT-CENTERED CARE DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP DEWASA RSUD DR. H. MOCH. ANSARI SALEH BANJARMASIN. Tesis, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
Cover & Lembar Pengesahan dll Yunina Elasari (1614101110069).pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB I Yunina Elasari (1614101110069).pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II Yunina Elasari (1614101110069).pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB III Yunina Elasari (1614101110069).pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV Yunina Elasari (1614101110069).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V Yunina Elasari (1614101110069).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI Yunina Elasari (1614101110069).pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Yunina Elasari (1614101110069).pdf

Download (428kB)
[img] Text
Lampiran 1-11 Yunina Elasari (1614101110069).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Manuscript Yunina Elasari (1614101110069).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstrak

Pelaksanaan dimensi patient-centered care yang terdiri dari menghormati nilai-nilai, pilihan dan kebutuhan yang disampaikan pasien; koordinasi dan integasi asuhan; informasi, komunikasi dan edukasi; kenyamanan fisik; dukungan emosional dan penurunan rasa takut dan kecemasan; keterlibatan keluarga dan teman; asuhan yang berkelanjutan dan transisi yang lancar; dan akses terhadap pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan hubungan pelaksanaan dimensi patient-centered care dengan kepuasan pasien. Metode penelitian menggunakan deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional melibatkan 100 pasien di instalasi rawat inap dewasa yang dipilih secara proportionate stratified random sampling. Data dianalisis dengan korelasi Pearson dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pelaksanaan dimensi patient-centered care dengan kepuasan pasien (p<0,05; CI 95%). Dimensi patient-centered care yang paling berhubungan dengan kepuasan adalah dimensi asuhan berkelanjutan dan transisi yang lancar (coeff. Β 0,312) Hasil ini merekomendasikan agar pihak manajemen keperawatan dapat meningkatkan pelaksanaan dimensi patient-centered care melalui sosialisasi, supervisi berkala dan penilaian kinerja sehingga meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas layanan. Kata kunci: patient-centered care, preferensi pasien, keterlibatan pasien, kepuasan pasien, pelayanan perawat Daftar Rujukan: 76 (1985-2019)

Jenis Artikel: Tesis
Pembimbing: Nurachmah, Elly, Azidin, Yustan, Sundari, Sri, Firdaus, Syamsul
Tema: Keperawatan
Program Studi: Pasca Sarjana > S2 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:10
Last Modified: 04 Nov 2019 01:15
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item