NAFARIN, HUSIN . (2018). EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRA SEKOLAH USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN IBU SUNGAI LULUT, KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KOTA BANJARMASIN TAHUN 2018. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
HAL DAN JUDUL DAN LAMPIRAN LAINYA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
lembar validitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
![]() |
Text
TABULASI HASIL PRETEST DAN POSTTEST.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP LAMPIRAN LAINYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Manuskrip.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
Abstrak
Keterlambatan dalam perkembangan kognitif anak apabila tidak diatas dengan segera akan dapat masalah nanti ketika dewasa.Perkembangan kognitif adalah suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa Perkembangan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui media stimulasi yang mudah diingat salah satunya yaitu permainan puzzle. Puzzle adalah merupakan jenis permaian yang sangat edukatif untuk melatih pola pikir anak dalam menyusun potongan-potongan menjadi satu kesatuan yang mempunyai bentuk yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengahui adanya pengaruh permainan puzzle di Tk Harapan Ibu Sungai Lulut Banjarmasin. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah praeksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak-anak dari TK Harapan Ibu Sungai Lulut Banjarmasin yang berjumlah 106 orang anak. Sample pada penelitian ini adalah sebanyak 21 orang anak kelas B Tk Harapan Ibu Sungai Lulut Banjarmasin. Analisa data pada penelitian ini gmenggunakan Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian tingkat perkembangan Kognitif sebelum dilakukan intervensi sebagian besar anak berada pada kategori Mulai berkembang 9 orang (47%) sedangkan sesudah intervensi sebagian besar berada pada kategori Berkembang sesuai harapan 12 orang anak (63%). Ada pengaruh antara permainan Puzzle terhadap tingakat perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun (p (0,000) < a (0,05). Kata kunci : Perkembangan Kognitif, Permainan Puzzle
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Nurhikmah, Rachmadi, Agus, Daud, Izma |
Tema: | Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 05:52 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 05:52 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |