AKBAR, TAUFIK . (2019). KAJIAN KESIAPAN MANAJER KEPERAWATAN TERHADAP IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELAYANAN PASIEN DI RSUD ULIN TAHUN 2018. Tesis, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
Cover Luar.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Cover dalam, Lembar persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstrak

Manajemen pelayanan pasien adalah sistem baru yang harus diimplementasikan RSUD Ulin sebagai salah satu elemen penilaian agar bisa mendapat predikat paripurna dalam penilaian standar akreditasi nasional rumah sakit. Manajer keperawatan ditunjuk mempersiapkan implementasi manajemen pelayanan pasien dalam waktu 3 bulan sebelum survei dilakukan. Kegiatan sementara yang sudah ada dan menyerupai fungsi MPP yang akan diterapkan bisa terlihat dari hasil review rekam medis yang menunjukkan angka 56,67% ketidaklengkapan dan 3,33% tidak terisi pada formulir discharge planning, serta masih ada 30% ketidaklengkapan pengisian formulir edukasi-informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kesiapan manajer keperawatan terhadap implementasi manajemen pelayanan pasien di RSUD Ulin. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi yang dapat mendeskripsikan, menginterpretasikan data secara mendalam, lengkap dan terstruktur untuk memperoleh intisari (essense) yang sesuai untuk menggali kajian kesiapan manajer keperawatan di level middle management terhadap implementasi manajemen pelayanan pasien di RSUD Ulin. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam untuk memperoleh data yang komprehensif serta sistem informasi data akreditasi untuk melihat pencapaian yang sudah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesiapan manajer keperawatan terhadap implementasi manajemen pelayanan pasien memerlukan aspek seperti pengetahuan, perencanaan, kepentingan, kendala, harapan, serta keterlibatan pihak lain dalam upaya mempersiapkan implementasi manajemen pelayanan pasien. Saran yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu pengetahuan standar dan elemen penilaian manajemen pelayanan pasien diperlukan untuk keperawatan dan institusi pendidikan. Khusus manajer keperawatan, selain pengetahuan, juga diperlukan pemahaman, pengapliikasian, analisis, sintesis dan evaluasi dalam implementasi manajemen pelayanan pasien. Kata kunci: Kesiapan, manajemen pelayanan pasien, manajer keperawatan RSUD Ulin Daftar Rujukan: 81 (2000-2018)

Jenis Artikel: Tesis
Pembimbing: Riyadi, Machli, Anshari, Hiryadi
Tema: Keperawatan
Program Studi: Pasca Sarjana > S2 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Nov 2019 01:47
Last Modified: 26 Nov 2019 01:47
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item View Item