Andayani, Puput . (2020). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE DISKUSI MEDIA VIDEO DAN METODE DISKUSI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG SADARI DI SMK BINA BANUA BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
manuskrip.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)

Abstrak

Wanita harus mengetahui bagaimana kondisi normal payudaranya dan memeriksakan adanya perubahan pada payudaranya secara cepat kepada pemberi layanan kesehatan. Namun sangat disayangkan banyak wanita yang tidak mengetahui apa itu SADARI. Dimana menambah pengetahuan dapat dilakukan dengan melakukan pendidikan kesehatan dimana metode yang dapat digunakan dalam melakukan pendidikan kesehatan antara lain metode ceramah, diskusi kelompok, curah pendapat, panel, bermain peran, demonstrasi. Sehingga Penelitian ini menggunakan metode diskusi kelompok dengan media Video yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Diskusi Media Video Dan Metode Diskusi Terhadap Pengetahuan Tentang SADARI Di SMK Bina Banua Banjarmasin. Jenis penelitian kuantitatif Quasi exsperimental dengan rancangan Equivalen Control Group Pre Test-Post Test Design dengan pupulasi 359 siswi dengan menggunakan teknik Proporsional Sampling dengan jumlah responden sebanyak 42 responden menggunakan kuisioner sebanyak 18 pernyataan. Uji yang digunakan paired t test dan uji independen t test. Hasil analisa sebelum dan sesudah kelompok intervensi P Value = 0,000 dan sebelum dan sesudah kelompok kontrol P Value=0,000. Hasil analisa data tingkat pengetahuan setelah pendidikan kesehatan dua kelompok diperoleh nilai P Value = 0.000. yang dapat disimpulkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan pada masing masing kelompok. Kata kunci : Diskusi, Video , Pengetahuan dan SADARI

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Hj. Ruslinawati, Darmayanti Wulandatika
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:50
Last Modified: 02 Feb 2021 02:50
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item