Yusrina, Aprilia . (2020). PENGARUH TERAPI TEKNIK LIMA JARI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRESS PADA SISWA DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 2 MARTAPURA. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
2. Bagian Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
![]() |
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
![]() |
Text
10. MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
Abstrak
Stress adalah respon individu terhadap keadaan atau kejadian yang memicu stress (stressor), yang mengancam dan mengganggu kemampuan seseorang untuk menanganinya (coping). Penerapan full day school merupakan alternative solusi dari revolusi pendidikan terhadap permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan. Salah satu manajemen stress yang dapat dilakukan adalah dengan teknik lima jari yang merupakan salah satu terapi yang digunakan untuk relaksasi atau menurunkan tingkat stress. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terapi teknik lima jari terhadap penurunan tingkat stress siswa dalam penerapan kebijakan full day school. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah pre test and post test designs with control group design terhadap 142 responden, 71 responden untuk kelompok kontrol dan 71 responden untuk kelompok eksperimen. Uji statitik yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan tingkat stress siswa pada sebelum dan sesudah dilakukan terapi teknik lima jari, yaitu didapatkan p value = 0,000 dengan alpha <0,05. Dan ada perbedaan yang signifikan antara post test kelompok kontrol dan post test kelompok eksperimen dengan p value = 0,004 dengan alpha <0,05. Jadi terapi teknik lima jari terbukti efektif menurunkan tingkat stress pada siswa dalam penerapan kebijakan full day school. Dari hasil penelitian diharapkan terapi teknik lima jari bisa digunakan sebagai metode dalam menurunkan tingkat stess yang dialami oleh siswa yang sekolahnya menerapkan kebijakan full day school. Kata kunci : Stress, Full Day School, Terapi Teknik Lima jari
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Dewi Nurhanifah, Wahyudin |
Tema: | Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 03:51 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 03:51 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |