Rikae . (2020). HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PERIKSA DAN PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KURUN KABUPATEN GUNUNG MAS KALIMANTAN TENGAH. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (203kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10. MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstrak

Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama dituntut untuk memberikan pelayanan bermutu, diantara indikator mutu pelayanan yang harus dimiliki puskesmas adalah waktu tunggu periksa dan pemberian informasi kesehatan sebagai salah satu hak pasien untuk mencapai peningkatan mutu dan kepuasan pasien. Lima dimensi kualitas mutu pelayanan untuk mengidentifikasi kepuasan pasien yaitu; tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (perhatian). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu periksa dan pemberian informasi kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kurun Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Metode Penelitian Korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 140 orang, sampel berjumlah 104 orang, teknik accidental sampling. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji Spearman’s rho (α=0,05). Hasil Penelitian sebagian besar (62,5%) waktu tunggu periksa kategori sedang, sebagian besar pemberian informasi kesehatan (54,8%) kategori cukup dan sebagian besar (69,2%) kepuasan kategori puas. Ada hubungan waktu tunggu periksa dengan kepuasan pasien rawat jalan (ρ value = 0,002) dan ada hubungan pemberian informasi kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kurun Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah (ρ value = 0,005). Puskesmas diharapkan dapat menetapkan standar pelayanan mimimal waktu tunggu pelayanan dan meningkatkan pemberian informasi kesehatan sehingga pasien menjadi lebih puas. Kata Kunci: Waktu Tunggu, Informasi Kesehatan, Kepuasan

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Yustan Azidin, Jum'ah
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Mar 2021 05:31
Last Modified: 16 Mar 2021 05:31
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item