Agustina, Lifia . (2021). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS SUNGAI PINANG. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER DEPAN.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
MANUSKRIP LIFIA AGUSTINA-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
Abstrak
Pendahuluan Kepuasan pasien berhubungan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Jika suatu instansi kesehatan maka salah satunya puskesmas akan melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan, pengukuran tingkat kepuasan pasien harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan kesehatan telah diselenggarakan dapat memenuhi harapan dan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengn kepuasan pasien BPJS. Metode penelitian menggunakan metode cross sectional yang menekankan waktu observasi data Populasi penelitian ini sebagai responden yaitu keseluruhan subjek yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan dengan Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 104 responden menggunakan rumus Slovin. Variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan Keperawatan dan dependen yaitu Kepuasaan Pasien BPJS. Instrument penelitian dengan kuesioner dan analisis menggunakan spearman rank. Hasil penelitian Kualitas pelayanan kurang baik dengan kepuasan pasien sangat tidak puas ada 4 responden 80%. Sedangkan pelayanan kurang baik dengan kepuasan pasien sangat puas ada 1 responden 20%. Untuk kualitas pelayanan baik dengan kepuasan pasien sangat tidak puas ada 1 responden 1% dan untuk kualitas pelayanan baik dengan kepuasan pasien sangat puas ada 99 responden 99%. Hasil uji statistik didapatkan tingkat signipikan p=0,000 (p<0,05) dan koefisien korelasi antara kedua variable tersebut sebesar 0,790. Kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Sungai Pinang dengan kekuatan korelasi dalam kategori kuat/sempurna. Kata Kunci: BPJS, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Yustan Azidin, Jum’ah |
Tema: | Keperawatan Manajemen |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 03:09 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 03:10 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |