Sistiowati, Tri . (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD DATU SANGGUL RANTAU. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA .pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
MANUSKRIP TRI SISTIOWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
Abstrak
Latar belakang: Rumah sakit sebagai salah satu bagian sistem pelayanan kesehatan secara umum. Salah satu pelayanan unit penghasil pelayanan adalah instalasi rawat jalan. Peningkatan jumlah kunjungan pasien dari waktu ke waktu juga dapat dipengaruhi oleh faktor kepuasan yang diperoleh pasien. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Datu Sanggul Rantau. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan di RSUD Datu Sanggul Rantau dalam 3 bulan terakhir. Sampel yang digunakan sebanyak 67 pasien dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan karakteristik responden (umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan pekerjaan), lembar isian (jarak ke fasilitas kesehatan, sumber biaya pengobatan, dan fasilitas kesehatan), lembar observasi waktu tunggu pelayanan, dan kuesioner kepuasan pasien. Analisa data menggunakan chi square test, fisher’s exact test, dan spearman rank test. Hasil: Penelitian menunjukkan ada hubungan antara umur (0,039), jenis kelamin (0,023), pendidikan terakhir (0,000), arak ke fasilitas kesehatan (0,002), fasilitas kesehatan (0,000), dan waktu tunggu pelayanan (0,025) dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Datu Sanggul Rantau. Tidak ada hubungan antara pekerjaan (0,082) dan sumber biaya pengobatan (1,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Datu Sanggul Rantau. Kata kunci: karakteristik responden, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, waktu tunggu pelayanan. Daftar Rujukan: 108 (2004-2022)
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Noor Amaliah, Yustan Azidin |
Tema: | Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:04 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 03:04 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |