Ustriyani, Dyah . (2022). HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DATU SANGGUL RANTAU. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
MANUSKRIP DYAH USTRIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstrak

Latar belakang: Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Perawat sebagai petugas yang selalu berhubungan dengan pasien harus memiliki banyak keterampilan, salah satunya adalah keterampilan interpersonal yaitu keterampilan dalam komunikasi dengan pasien. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang disusun secara khusus, mempunyai tujuan dan berfokus pada klien. Komunikasi merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam menentukan kepuasan pasien. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Datu Sanggul Rantau. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua bed yang ada di rawat inap yaitu 48 bed, sehingga populasi yang dalam penelitian ini sebanyak 48 pasien. Sampel yang digunakan sebanyak 47 pasien dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan karakteristik responden (umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan pekerjaan), kuesioner komunikasi terapeutik, dan kuesioner kepuasan pasien. Analisa data menggunakan uji fisher’s exact test. Hasil: Penelitian menunjukkan Komunikasi terapeutik perawat di ruang rawat inap baik sebanyak 30 orang (63,8%). Kepuasan pasien di ruang rawat inap dengan kategori puas sebanyak 39 orang (83%). Ada hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Datu Sanggul Rantau (p value 0,019). Kata kunci: kepuasan pasien, komunikasi terapeutik, rawat inap. Daftar Rujukan: 59 (2010-2021)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Noor Amaliah, Yustan Azidin
Tema: Ilmu Komunikasi
Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:10
Last Modified: 10 Oct 2022 03:10
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item