Apriani, Eka . (2022). HUBUNGAN SIKAP CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD BRIGJEND H. HASAN BASRY KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1 Cover pdf.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
2 bagian depan pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
![]() |
Text
3 Bab 1 pdf.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
4 Bab 2 pdf.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
5 Bab 3 pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
Text
6 Bab 4 pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
Text
7 Bab 5 pdf.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
8 daftar rujukan pdf.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
9 Lampiran pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
10 manuskrip pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
Abstrak
Pelayanan Keperawatan memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, jumlah tenaga perawat merupakan tenaga paling banyak bila dibandingkan dengan tenaga kesehatan lainnya, sehingga perannya menjadi penentu dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Selain itu, perawat berinteraksi dengan pasien selama 24jam untuk melaksanakan layanan keperawatan, Sikap caring sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien. Hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di Rumah Sakit. Studi pendahuluan pada pasien rawat inap di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui wawancara 10 pasien rawat inap mengeluhkan belum puas terhadap pelayanan (caring perawat) yang ada . Sebanyak 6 dari 10 pasien mengeluh bahwa perawat kurang tanggap pada keluhan pasien dan ruangan rumah sakit terlalu ramai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Hubungan Sikap Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Rawat Inap di RSUD Brigjend H.Hasan Basry Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap di RSUD Brigjend H.Hasan Basry Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan memenuhi kriteria inklusi. Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang responden dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan karakteristik responden, kuesioner sikap caring dan kuesioner tingkat kepuasaan. Analisa data menggunakan koefisien korelasi spearmen rank (Rho). Penelitian menunjukkan hubungan sikap caring perawat dengan tingkat kepuasaan pasien p= 0,002 < α =0,05. Kata kunci: Sikap caring, kepuasaan pasien Daftar Rujukan: 37 (2002-2021)
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Yustan Azidin, Sukarlan |
Tema: | Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:17 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:17 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |