Qorahman MM, Wahyudi . (2018). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI, AUDIO VISUAL, KOMBINASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN TELUK TIRAM BANJARMASIN. Tesis, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (342kB)
[img] Text
COVER DALAM+DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (664kB)
[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstrak

Tindakan pertolongan pertama pada penderita henti jantung dan henti nafas yaitu dengan cara resusitasi jantung paru. Pertolongan pertama yang dilakukan oleh siapa saja tidak harus dilakukan oleh tenaga medis atau paramedis saja, tetapi orang awam yang sudah mendapatkan pembelajaran bantuan hidup dasar mampu memberikan pertolongan pertama sampai pertolongan lanjutan oleh tenaga medis datang membantu. Orang awam adalah orang pertama yang paling banyak menemukan kasus henti jantung di luar rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini mencari metode pembelajaran yang paling efektif untuk pembelajaran bantuan hidup dasar pada masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian quasi eksperiment dengan desain group pretest-posttest. Instrument dalam penelitian ini kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan lembar checklis untuk mengukur keterampilan. Sampel dalam penelitian terdapat 90 masyarakat yang di bagi menjadi tiga kelompok pembelajaran. Analisis data menggunakan uji wilxocon dan dilanjutkan uji freadman untuk mencari metode yang paling efektif. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan dan keterampilan masyarakat setelah di berikan ketiga metode pembelajaran tersebut dengan (p<0,05). Metode kombinasi adalah metode yang paling mempengaruhi peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Ketiga metode dapat digunakan dalam pembelajaran bantuan hidup dasar pada masyarakat awam. Kata kunci: Bantuan hidup dasar, masyarakat awam, demonstrasi, audio visual, kombinasi.

Jenis Dokumen: Tesis
Pembimbing: Dr. Hamzah, dr. Sp. An. KNA., DR. Muhammad Anshari, S.Si., MM., Apt
Tema: Keperawatan
Pendidikan
Program Studi: Pasca Sarjana > S2 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:47
Last Modified: 18 Oct 2018 01:47
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item