Dhimas Yoga Fernanda . (2023). PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK DAN VIDEO EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP BULLYING PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 13 BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
2. Bagian awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (48kB)
[img] Text
8. Daftar pustaka.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10. Manuskrip.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstrak

Perkembangan globalisasi yang membawa kemajuan di berbagai bidang. Namun, ada juga beberapa dampak negatif, yang ditimbulkan seperti tindakan destruktif pada anak, orang dewasa dan khususnya remaja. Jika seorang anak tidak dapat berinteraksi dengan teman atau lingkungannya maka dengan mudah, mereka mungkin diintimidasi dan mendapat perlakuan bullying dari lingkungan dan teman temannya. Untuk menghindari hal tersebut maka diterapkan pemberian edukasi melalui media komik dan video edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap bullying pada siswa kelas VII di SMPN 13 Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif two group pretest and posttest design. Instrument pengumpulan data ini menggunakan kuisoner atau angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 152 siswa dan sampel yaitu ada 60 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan analisa menggunakan uji man-whitney media komik test menunjukkan p value sebesar 0,104 untuk pengetahuan dan 0,197 Untuk Sikap. nilai tersebut secara statistic bermakna (p > α 0,05), Dan untuk video edukasi uji test menunjukkan p value sebesar 0,00 untuk pengetahuan dan 0,00 Untuk Sikap. Nilai tersebut secara statistic bermakna (p < α 0,05) hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian media video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap bullying pada siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Banjarmasin Kata Kunci: bullying, pengetahuan, sifat, komik, video Daftar Rujukan 49 (2015-2022)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Muhammad Anwari, Didy Ariady
Tema: Keperawatan
Psikologi
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:01
Last Modified: 16 Aug 2023 02:01
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item View Item