Zukhairiah . (2023). HUBUNGAN PENERAPAN CARING DALAM BENTUK PERILAKU ISLAMI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
MANUSKRIP - Zukhairiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
Abstrak
Dalam dunia keperawatan, caring merupakah isu besar dalam profesionalisme seorang perawat. Keperawatan selalu meliputi empat konsep yaitu merawat ialah apa yang perawat lakukan, manusia jadi sasaran dari apa yang perawat lakukan, kesehatan tujuannya dan lingkungan tempat dimana perawat merawat. Perilaku caring Islam dapat diterapkan oleh perawat dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan nilai-nilai Islam berlandaskan Al-Qur’an dan AsSunnah. Pelayanan seorang perawat di rumah sakit merupakan salah satu pelayanan utama yang memiliki pengaruh besar terhadap mutu atau kualitas pelayanan dan citra suatu rumah sakit. Oleh karena itu, pelayanan keperawatan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pasien karena perawat memberikan pelayanan keperawatan yang nyata dan berdampak langsung dengan pasien, suatu rumah sakit akan di nilai berkualitas jika pelayanan yang diberikan memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan penerapan caring dalam bentuk perilaku Islami perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan cross sectional dan metode pengambilan sampel purposive sample. Hasil uji statistik spearman rank menunjukkan nilai p = 0,000 < α = 0,05 dan nilai r = 0,624 yang artinya adanya hubungan yang signifikan antara variabel caring perilaku Islami perawat dengan variabel kepuasan pasien dan bermakna hubungan kuat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan caring dalam bentuk perilaku Islami perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Discussion diharapkan bagi perawat dapat mempertahankan caring perilaku Islami yang baik dan pelayanan keperawatan yang maksimal untuk kepuasan pasien di rumah sakit. Kata Kunci : Caring, Perawat, Kepuasan Pasien
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Dewi Setya Paramitha, Yustan Azidin |
Tema: | Keperawatan Kesehatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:07 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 02:07 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |