Muhammad Rizky . (2023). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT UGD DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Manuskrip.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstrak

Kepuasan pasien merupakan hasil dari proses pelayanan yang dirasakan oleh pasien. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien maupun keluarga ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien atau keluarga pasien dengan menggunakan persepsi tentang pelayanan yang diterima memuaskan atau mengecewakan juga termasuk lamanya waktu pelayanan (Kuryadinata et al., 2022). Tingkat kepuasan pasien di berbagai Negara terdapat tingkat kepuasan pasien menurut Ndambuki tahun 2013 di Kenya menyatakan 40,4%, kepuasan pasien di Bakhtapur India menurut Twayana 34,4%, sedangkan di Indonesia menunjukkan angka kepuasaan pasien 42,8%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Made Ayu Lely Suratri, Tati Suryati, dan Vebby Amellia Edwin pada tahun 2018 mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan, terdapat 80% pasien merasa puas di 7 propinsi di Indonesia, salah satunya adalah provinsi Jawa Timur (Purwanza, Sena et al., 2022). Sedangkan kunjungan pasien pada Unit Gawat Darurat di Puskesmas Daerah Kalimantan Selatan menujukan selalu terjadi peningkatan disetiap tahunnya dengan data terakhir sebanyak 19.821 pasien (Doni Wibowo, 2020). Berdasarkan hasil studi pendahuluan di dapatkan data kunjungan pasien pada Unit Gawat Darurat di Puskesmas Haruai dari bulan Januari – November 2022 terdapat 610 orang. sehingga hasil wawancara yang didapatkan dari 10 pasien, 5 diantaranya menyatakan tidak puas dengan presentase (50%), dan 3 diataranya menyatakan kurang puas (30%) dan 2 orang menyatakan puas (20%). Hasil studi pendahuluan paling tinggi mengatakan tidak puas dengan kualitas pelayanan di karenakan ketidaksesuaian dengan dimensi tingkat kepuasan pasien. Kompetensi perawat menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dalam melakukan asuhan keperawatan pada pasien, demi tercapainya kepuasan pasien. Kompetensi perawat yang utama harus diperhatikan adalah membantu pasien mendapatkan kembali kesehatan mereka melalui proses penyembuhan dengan interaksi didalamnya. Salah satu kompetensi perawat yakni fokus pada kebutuhan perawatan kesehatan pasien secara keseluruhan, termasuk upaya mengembalikan kesehatan emosional, spiritual dan social Pelayanan yang diberikan oleh perawat diharapkan memberikan suatu kepuasan pada pasien akan banyak berdampak positif baik untuk pasien sendiri maupun bagi pemberi layanan (Berman, Shirlee, & Geralyn, 2016 dalam Imelda, dkk, 2018). Kata kunci : KUALITAS PELAYANAN PERAWAT UGD DENGAN KEPUASAN PASIEN

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Novia Heriani, Diah Retno Wulan
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:22
Last Modified: 16 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3267

Actions (login required)

View Item View Item