Kusiaubi . (2023). HUBUNGAN ANTARA CARING BEHAVIOR PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD KUALA PEMBUANG. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstrak

Rumah sakit sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan dan keperawatan. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa layanan. Kepuasan pasien merupakan satu elemen yang penting dalam mengevaluasi kualitas layanan dengan mengukur sejauh mana respon pasien setelah menerima jasa. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh caring behavior perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara caring behavior perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kuala Pembuang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap di RSUD Kuala Pembuang pads bulan November 2022, Desember 2022 dan Januari 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 133 pasien dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Caring Assessment Tool (CAT), dan kuesioner tingkat kepuasan pasien. Analisa data menggunakan uji spearman rank test. Hasil penelitian menunjukkan caring behavior perawat di ruang rawat inap yaitu kurang baik sebanyak 76 orang (57,1%). Tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap dalam kategori puas sebanyak 84 orang (63,2%). Ada hubungan antara caring behavior dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kuala Pembuang (p value 0,000). Disarankan bagi rumah sakit menjadi bahan evaluasi manajemen rumah sakit dalam melakukan pembenahan dan menetapkan arah kebijakan pada tatanan internal rumah sakit untuk menjaga dan meningkatkan mutu dari proses pelayanan kepada pasien maupun keluarga pasien. Kata kunci: caring behavior, kepuasan pasien, perawat, rawat inap. Daftar Rujukan: 47 (2012-2021)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Dewi Setya Paramitha, Rida Millati
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:27
Last Modified: 12 Sep 2023 07:27
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item