Dwi Kartikawati . (2023). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGANKEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS UREN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
2. BAGIAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
![]() |
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
10. MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
Abstrak
Komunikasi merupakan suatu alat yang penting untuk membina hubungan terapeutik dan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan. Komunikasi terapeutik mempengaruhi tingkah laku sehingga menjalin hubungan rasa percaya pada pasien, mencegah terjadinya masalah legal, memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra pelayanan di puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien pada pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) diwilayah kerja UPTD Puskesmas Uren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah Populasi 5206 dan sampel 371 yang dihitung menggunakan rumus slovin menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. dan ditetapkan dengan pada SPSS. Berdasarkan hasil uji Spearman Rank didapatkan p value = 0.002 < α (0.05) yang bermakna adanya hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien pada pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) di wilayah kerja UPTD. Puskesmas Uren Kecamata Halong Kabupaten Balangan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien di pelayanan perawat puskesmas. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan metode observasi dan wawamcara langsung terhadap responden. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kesehatan Masyarakat, Komunikasi Terapeutik, Perawat Puskesmas Daftar Rujukan : 51 (2010 - 2022)
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Dewi Setya Paramitha, Rida Millati |
Tema: | Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 05:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 05:25 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |