Dwi Kartikawati . (2023). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGANKEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS UREN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
2. BAGIAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10. MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)

Abstrak

Komunikasi merupakan suatu alat yang penting untuk membina hubungan terapeutik dan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan. Komunikasi terapeutik mempengaruhi tingkah laku sehingga menjalin hubungan rasa percaya pada pasien, mencegah terjadinya masalah legal, memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra pelayanan di puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien pada pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) diwilayah kerja UPTD Puskesmas Uren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah Populasi 5206 dan sampel 371 yang dihitung menggunakan rumus slovin menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. dan ditetapkan dengan pada SPSS. Berdasarkan hasil uji Spearman Rank didapatkan p value = 0.002 < α (0.05) yang bermakna adanya hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien pada pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) di wilayah kerja UPTD. Puskesmas Uren Kecamata Halong Kabupaten Balangan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien di pelayanan perawat puskesmas. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan metode observasi dan wawamcara langsung terhadap responden. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kesehatan Masyarakat, Komunikasi Terapeutik, Perawat Puskesmas Daftar Rujukan : 51 (2010 - 2022)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Dewi Setya Paramitha, Rida Millati
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:25
Last Modified: 18 Sep 2023 05:25
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item