Wendi Wahyudi . (2023). HUBUNGAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)

Abstrak

Latar belakang : adalah rumah sakit dinyatakan berhasil memberikan pelayanan jika pasien puas terhadap pelayanan yang diberikan. Pasien mengharapkan pelayanan yang siap, cepat, tanggap, dan nyaman terutama berkomunikasi efektif dan mampu menanggai keluhan pasien secara profesional. Oleh karena itu, komunikasi verbal dan non verbal perawat memiliki peranan penting bagi kepuasan pasien. Tujuan penelitian : ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi verbal dan non verbal perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di RS Islam Banjarmasin. Metode penelitian : yang digunakan adalah desain cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adlaah purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 87 orang pasien di ruang Al Farabi RS Islam Banjarmasin. Kuesioner merupakan instrumen yang digunakan pada penelitian. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian : didapatkan komunikasi verbal dan nonverbal perawat termasuk kategori baik (83,9%) dan pasien mayoritas merasa puas (79,3%). Hasil analisis bivariat didapatkan p-value 0,025 < α dengan koefisien korelasi (r) 0,240 yang berarti terdapat hubungan yang lemah antara komunikasi verbal dan nonverbal terhadap kepuasan pasien di RS Islam Banjarmasin. Kesimpulan : didapatkan semakin baik komunikasi yang dilakukan perawat maka akan meningkatkan kepuasan pasien, sebaliknya jika komunikasi perawat tidak baik akan berdampak pada penurunan kepuasan pasien. Kata kunci: Komunikasi Verbal, Non-Verbal, Kepuasan Pasien. Daftar rujukan : (2001 – 2023)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Herman Ariadi, Lukman Harun
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:46
Last Modified: 12 Oct 2023 00:46
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3555

Actions (login required)

View Item View Item