Salsabela Nurdiani . (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESEHATAN PADA KELUARGA DENGAN DEFISIT PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DI PUSKESMAS KELAYAN TIMUR BANJARMASIN. KTI (Karya Tulis Ilmiah), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Bagian Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MANUSKRIP SALSABELA NURDIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstrak

Keluarga sendiri memiliki peran untuk menjaga dan merawat anggota keluarga yang sakit. Hipertensi biasanya didiagnosis ketika tekanan darah sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, dan tekanan darah diastolik mencapai 90 mmHg atau lebih pada dua pengukuran yang berbeda. Implementasi keperawatan yang dapat dilakukan adalah pendidikan kesehatan tentang hipertensi dan teknik nafas dalam. Teknik nafas dalam merupakan salah satu bentuk asuhan keperawatan dimana perawat mengajarkan pasien cara menarik nafas dalam, memperlambat nafas (menahan nafas semaksimal mungkin), dan menghembuskan nafas secara perlahan untuk mengurangi nyeri. Tujuan studi kasus ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan keluarga tentang penyakit hipertensi dan cara melakukan teknik nafas dalam. Desain Rancangan yang di gunakan untuk studi kasus ini bersifat deskriptif yaitu dengan melakukan pendekatan keperawatan keluarga untuk mengobservasi keluarga dengan hipertensi yang mengalami defisit pengetahuan. Pendekatan keperawatan keluarga yang dilakukan meliputi pengkajian, perumusan diagnosis keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik, dan studi dokumentasi. Hasil dari studi kasus ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan pengetahuan pada keluarga sebelum dan sesudah dilakukannya pendidikan kesehatan selama 5 hari yaitu dari presentase pertanyaan yang dapat dijawab 20% setelah evaluasi kembali di hari ke 5 menjadi 100%. Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Hipertensi, Teknik Nafas Dalam

Jenis Artikel: KTI (Karya Tulis Ilmiah)
Pembimbing: Rohni Taufika Sari, Herman Ariadi
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > D3 Keperawatan Kelas Reguler
Depositing User: admin perpus umbjm
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:34
Last Modified: 11 Nov 2024 01:34
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item View Item