Wafa Ermayanty . (2024). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DALAM UNIT PERAWATAN RUANG BEDAH (MAWAR) DI RSUD PAMBALAH BATUNG AMUNTAI. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2. BAGIAN DALAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (188kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (11kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10. MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstrak

Pelayanan keperawatan mempunyai peranan penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pelayanan tim medis yang berkualitas tinggi memiliki dampak positif terhadap kepuasan pasien, secara tidak langsung berdampak pada loyalitas pasien. Ketidakpuasan pasien menyebabkan pasien tidak akan lagi menggunakan pelayanan rumah sakit tersebut jika pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan. Studi pendahuluan peneliti lakukan, empat pasien mengatakan kurang puas karena perawat kurang ramah, nada suaranya agak tinggi ketika berbicara, empat pasien mengatakan puas dengan pelayanan yang diberikan perawat dalam memberikan tindakan asuhan keperawatan dan dua pasien mengatakan sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perawat karena sangat memperdulikan kondisi dan keluhan serta cepat tanggap dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan. Mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dalam unit perawatan Ruang Bedah (Mawar) di RSUD Pambalah Batung Amuntai. Desain penelitian kuantitatif, rancangan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 100 responden diambil menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rho. Kualitas pelayanan perawatan pada kategori baik sebanyak 97 orang (97%). Kepuasan pasien pada kategori puas sebanyak 85 orang (85%). Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dalam unit perawatan Ruang Bedah (Mawar) di RSUD Pambalah Batung Amuntai dengan nilai (p-value=0,000 < 0,05), r= 0,504, dengan arah yang positif. Kata kunci: Kualitas Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien. Daftar Rujukan: 31 (2013-2023)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Rida Millati, Sukarlan
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: admin perpus umbjm
Date Deposited: 12 Nov 2024 01:48
Last Modified: 12 Nov 2024 01:48
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item View Item