Auliani Rahman . (2024). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK INDUK BIDDOKKES POLDA KALIMANTAN TENGAH. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstrak

Latar belakang: Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah salah satu faktor penting untuk mencapai kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah salah satu parameter untuk menentukan tingkat keberhasilan pada pelayanan kesehatan. Pasien berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal sesuai dengan kebutuhan baik pelayanan kesehatan dasar maupun rujukan, tanpa membedakan status sosial. Berdasarkan data jumlah kunjungan pasien di Klinik Induk Biddokkes Polda Kalteng mengalami penurunan yang signifikan pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dari 11.159 kunjungan di tahun 2022 menjadi hanya 8.711 kunjungan di tahun 2023. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di klinik Induk Biddokkes Polda Kalteng. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung yang datang ke Klinik Induk Biddokkes Polda Kalteng dengan jumlah sampel berjumlah 93 orang. Analisis statistik menggunakan uji Spearman Rank. Hasil: Mutu pelayanan kesehatan hampir setengahnya 50.5% berada pada kategori cukup puas dengan jumlah responden 47 orang. Tingkat kepuasan pasien hampir seluruhnya 91.4% berada pada kategori puas dengan jumlah 85 orang. Ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien p value 0,000 dan dan r 0,623, maka disarankan agar pihak klinik melakukan audit internal secara berkala untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan selanjutnya mengimplementasikan program peningkatan mutu pelayanan kesehatan secara komprehensif. Kata kunci: Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien. Daftar rujukan: 21 (2013-2023)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Rohni Taufika Sari, Yustan Azidin
Tema: Keperawatan
Kesehatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: admin perpus umbjm
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:02
Last Modified: 19 Nov 2024 02:02
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item