Amanda Cahaya Kencana . (2024). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MASALAH MENTAL EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI PAUD TERPADU NUSANTARA BANJARBARU. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
a. COVER.pdf

Download (177kB)
[img] Text
b. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf

Download (217kB)
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
g. BAB 5.pdf

Download (78kB)
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
j. Manuskrip.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)

Abstrak

Proses perkembangan anak sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak agar sesuai dengan tahap usianya. Namun proses perkembangan ini dapat terganggu seperti keinginan rasa tahu yang tinggi dan lebih mudah meniru perilaku orang lain salah satunya orang tua penggunaan teknologi saat ini yaitu gadget. Anak-anak lebih mudah terlena dengan kecanggihan gadget dengan fiturfitur yang tersedia di dalamnya akan menimbulkan anak lebih sering bermain dengan gadget akan berdampak pada mental emosioanlnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap masalah mental emosional anak prasekolah di PAUD Terpadu Nusantara Banjarbaru. Desain penelitian ini menggunakan penelitian korelasional kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini 131 orang tua anak prasekolah di PAUD Terpadu Nusantara Banjarbaru dan sampel sebanyak 109 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil univariat pada penelitian bahwa penggunaan gadget pada anak dengan kategori buruk 49 anak (45%) dan masalah masalah mental emosional anak menunjukkan kemungkinan masalah mental emosional anak sebanyak 60 anak (55%) sedangkan pada hasil bivariat dengan uji Spearman Rank Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi r sebesar 0,779. Oleh karena itu, dapat disimpulkan adanya hubungan yang kuat penggunaan gadget terhadap masalah mental emosional anak di PAUD Terpadu Nusantara Banjarbaru. Sehingga diharapkan penelitian ini dapat menjadi salah satu skrinning awal masalah mental emosional pada anak. Kata Kunci : Anak Prasekolah, Gadget, Mental Emosional Sumber : 33 (2016-2023)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Esme Anggeriyane, Muhsinin
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: admin perpus umbjm
Date Deposited: 21 Nov 2024 00:57
Last Modified: 21 Nov 2024 00:57
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item