Doni Bilman Murizki . (2024). PENGARUH PEMBERIAN METODE DRILL TERHADAP KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA SINKOP TERHADAP SISWA SMA 1 MUHAMMADIYAH BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bagian Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstrak

Keadaan gawat darurat merupakan kejadian yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja pada semua orang secara tiba – tiba yang dapat menimbulkan kecacatan maupun kematian jika tidak segera diberikan pertolongan pertama. Sinkop atau pingsan adalah kondisi di mana seseorang kehilangan kesadaran karena berkurangnya aliran darah ke otak. Aktivitas siswa pada saat disekolah yang sering kali terjadi pingsan biasanya saat melakukan upacara bendera pada hari Senin dan saat berolahraga diakibatkan tidak sarapan pada pagi hari dan sakit. Tujuan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi adanya pengaruh metode drill terhadap peningkatan kognitif dan keterampilan siswa terhadap pertolongan pertama pada sinkop. Desain penelitian ini menggunakan pre-experiment dengan rancangan one group pretest-posttest design. One group pretest-posttest design adalah suatu rancangan penelitian eksperimen di mana hanya satu kelompok subjek yang diberikan pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan. Hasil uji wilcoxon matched pairs menunjukkan bahwa nilai p = 0.001 < α 0.005 yang artinya adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat kognitif dan keterampilan baik itu sebelum atau sesudah diberikan metode drill terhadap pertolongan pertama pada sinkop. Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian metode drill terhadap pertolongan pertama pada sinkop. Diharapkan siswa dapat memiliki tingkat kognitif yang baik dan terampil dalam melakukan pertolongan pertama sinkop serta dapat mengaplikasikannya. Kata Kunci: Keterampilan, Kognitif, Metode Drill, Sinkop Daftar Rujukan: 94 (2021 – 2024)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Mira, Evy Noorhasanah
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: admin perpus umbjm
Date Deposited: 05 Dec 2024 02:28
Last Modified: 05 Dec 2024 02:28
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item