’Ulya Noor Safira . (2024). HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. MOCH ANSARI SALEH BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstrak

Perilaku caring perawat berhubungan erat dengan kepuasan pasien. Dari data indeks kepuasan pasien kumulatif di RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh didapatkan 80,19% pasien puas dengan pelayanan, namun hal ini masih belum mencapai standar pelayanan minimal menurut Kemenkes yaitu diatas 95%. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah perilaku caring perawat. Peran perawat sangat mempengaruhi kepuasan pasien karena perawat adalah sosok yang selalu bersama pasien selama 24 jam dan sering berinteraksi dengannya.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap. Penelitian ini mengunakan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang ada di ruang rawat inap RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh yang berada di ruang Nilam lantai 1 dan Nilam lantai 2 pada tanggal 17 Mei 2024- 15 Juni 2024 berjumlah 197 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang dengan menggunakan accidental sampling. Uji bivariat menggunakan uji Spearman rank. Hasil penelitian didapatkan bahwa perilaku caring perawat di ruang rawat inap dalam kategori baik 67,5% dan kepuasan pasien di ruang rawat inap dalam kategori sangat puas 66,7%. Hasil penelitian menunjukkan p-value 0,000 < a 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien yang artinya semakin baik perilaku caring perawat maka akan meningkat pula kepuasan pasien. Diharapkan penelitian dapat dijadikan acuan dalam mempertahankan bahkan meningkatkan perilaku caring perawat. Kata Kunci: Caring, Kepuasan pasien, Rawat inap Daftar Rujukan: 62 (2014-2023)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Rida’ Millati, Zainal Aripin
Tema: Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: admin perpus umbjm
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:26
Last Modified: 10 Dec 2024 02:26
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item View Item