Muhammad Ferdy Baihaqi . (2024). PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MEDIA BOOKLET DAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG BULLYING. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
2. BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
![]() |
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
10. MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
Abstrak
Persepsi menjadi salah satu faktor terjadinya perilaku bullying karena tipisnya batasan antara humor dan bullying, selain itu persepsi tidak hanya mempengaruhi korban, namun juga terhadap pelaku yang sangat berdampak pada menurunnya kualitas fisik dan mental sehingga perlu adanya promosi kesehatan dalam upaya pencegahan bullying. Media booklet dan video edukasi dapat diterapkan sebagai upaya pencegahan dini untuk mengubah persepsi individu dalam mengenali dan menyadari perilaku bullying. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan efektivitas media booklet dan video edukasi terhadap persepsi siswa tentang bullying. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif two group pretest and posttest design. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI SMAN 5 Banjarmasin berjumlah 743 siswa dan sampel penelitian ini yaitu 90 siswa. Hasil penelitian pada hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai ρ-value sebelum dan sesudah pemberian intervensi media booklet dan video edukasi bernilai sama yaitu 0,00 atau ρ < 0,05. Kemudian hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan Nilai sig. 0,039 < 0,05 atau ρ < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan dibuktikan hasil nilai rata-rata kelompok intervensi booklet lebih besar daripada kelompok intervensi video edukasi. Dapat disimpulkan bahwa promosi kesehatan melalui media booklet lebih efektif dibandingkan media video edukasi untuk peningkatan persepsi siswa tentang bullying. Kata kunci : bullying, persepsi, siswa, booklet, video edukasi, Daftar Rujukan: 54 (2018-2024)
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Muhammad Anwari, Rita Kirana |
Tema: | Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | admin perpus umbjm |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 00:51 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 00:51 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |