Gurdan, Muhammad . (2020). GAMBARAN KESESUAIAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP NON RACIKAN BERDASARKAN INDIKATOR MUTU LAYANAN KLINIS DI PUSKESMAS MARTAPURA BARAT. KTI (Karya Tulis Ilmiah), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
a. COVER.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
b. BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
![]() |
Text
c. BAB 1.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
d. BAB 2.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
e. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
![]() |
Text
f. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
g. BAB 5.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
i. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
j. MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
Abstrak
Salah satu indikator mutu layanan klinis di Puskesmas Martapura Barat adalah waktu tunggu pelayanan resep. Waktu tunggu pelayanan resep adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan pasien menerima obat. Puskesmas Martapura Barat menetapkan standar pelayanan kefarmasian berdasarkan indikator mutu layanan klinis yaitu waktu tunggu pelayanan resep untuk obat non racikan ≤ 5 menit dan pelayanan resep untuk obat racikan ≤ 10 menit. Standar waktu tunggu pelayanan resep yang ditetapkan di Puskesmas Martapura Barat sebesar 100%. Data bulan desember 2019 didapatkan resep non racikan 830 resep terdiri atas terdiri atas 743 resep sesuai waktu tunggu dengan persentase sebesar 89,52% dan 87 tidak sesuai waktu tunggu dengan persentase 10,48%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesesuaian waktu tunggu pelayanan resep non racikan berdasarkan indikator mutu layanan klinis di Puskesmas Martapura Barat januari 2020. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara mencatat waktu tunggu pelayanan resep dari resep diterima sampai obat diserahkan. Selisih dari waktu resep diterima sampai obat diserahkan ditetapkan sebagai waktu tunggu. Hasil penelitian didapatkan resep non racikan 752 resep terdiri atas 652 resep sesuai waktu tunggu dengan persentase sebesar 86,70% dan 100 tidak sesuai waktu tunggu dengan persentase 13,30%. Persentase sebesar 86,70% belum memenuhi standar puskesmas yang menerapkan standar 100% untuk capaiannya. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas Martapura Barat Rujukan : 11 (2006 – 2019)
Jenis Artikel: | KTI (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Pembimbing: | Sri Rahayu, Lingga Ayudia |
Tema: | Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:05 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 02:05 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |