Faiha, Adlin Yumna . (2022). HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DENGAN SELF-ESTEEM PADA REMAJA DI BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
A. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
B. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf

Download (58kB)
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
G. BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi kini membuat media sosial sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan pada kehidupan sehari-hari. Instagram sebagai salah satu jenis media sosial kini telah menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh remaja. Apabila pengguna instagram menerima feedback yang negatif, maka pengguna instagram akan mengevaluasi dirinya secara buruk dan akan menurunkan harga dirinya (self-esteem), begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan second account instagram dengan self-esteem pada remaja di Banjarmasin dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional yang hubungan sifnifikan antara kedua variabel. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 347 orang subjek dengan kriteria remaja di Banjarmasin berusia 18-21 tahun yang menggunakan second account instagram. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala intensitas dan skala self-esteem dengan menggunakan model skala Likert. Melalui hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan negatif antara intensitas penggunaan second account instagram dengan self-esteem pada remaja di Banjarmasin dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -.297** dengan nilai signifikansi (p) = 0,000 (p<0,05), yang berarti semakin tinggi intensitas penggunaan second account instagram maka akan semakin rendah self-esteem penggunanya begitu juga sebaliknya, semakin rendah intensitas penggunaan second account instagram maka akan semakin tinggi self-esteem penggunanya. Kata Kunci: Remaja, Intensitas, Second Account Instagram, Self-Esteem

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Dyta Setiawati, Fikrie
Tema: Psikologi
Program Studi: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:15
Last Modified: 28 Jul 2022 03:15
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item