Ahmad Rian . (2024). ANALISIS CAMPUR KODE DI SMP NEGERI 2 ALALAK DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
a. COVER.pdf

Download (126kB)
[img] Text
b. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (66kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf

Download (142kB)
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
g. BAB 5.pdf

Download (54kB)
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
j. MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstrak

Ahmad Rian. 2024. Sosiolinguistik “Analisis Campur Kode di SMPN 2 Alalak dan Dampaknya Bagi Pembelajaran di Sekolah” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Campur kode merupakan fenomena umum dalam komunikasi, termasuk di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis campur kode dalam tuturan guru dan siswa di SMPN 2 Alalak dan dampaknya bagi pembelajaran di sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan juga kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campur kode dalam tuturan guru dan siswa di SMPN 2 Alalak yang ditemukan adalah 8 campur kode campur kode ke dalam, 2 campur kode ke luar, dan 2 campur kode campuran. Dari hasil kuesioner yang dilakukan diketahui dampak campur kode bagi pembelajaran di sekolah beragam. Dampak positifnya, campur kode dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang sulit, meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan membangun kedekatan antara guru dan siswa. Namun, campur kode juga dapat berdampak negatif bagi pembelajaran, seperti dapat menyebabkan kebingungan bagi siswa yang tidak memahami bahasa yang dicampur, menghambat penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan bahkan juga dapat menyebabkan pembullyan antar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa campur kode merupakan fenomena yang kompleks dengan berbagai fungsi dan dampak bagi pembelajaran di sekolah. Guru dan siswa perlu memahami fungsi dan dampak campur kode agar dapat menggunakannya secara efektif dan efisien dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Campur Kode, Pelajar, Guru

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Istiqamah. M.Pd., Jamiatul Hamidah. M.Pd.
Tema: Bahasa dan Sastra
Program Studi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: utama
Date Deposited: 26 Nov 2024 06:08
Last Modified: 26 Nov 2024 06:08
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item View Item