Jelita Delima Khumairo . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEMA ELEMEN AIR, API DAN UDARA DI TK MULIA ABADI DESA SUNGAI PANTAI KEC. RANTAU BADAUH KAB. BARITO KUALA. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
a. COVER.pdf

Download (250kB)
[img] Text
b. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
g. BAB 5.pdf

Download (253kB)
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstrak

Penelitian dilatar belakangi dengan adanya permasalah yang ditemukan di lapangan mengenai terbatasnya upaya memfasilitasi pembelajaran anak usia dini pada tema elemen (air, api, dan udara), karena sulitnya memberikan pengalaman belajar yang lebih inovatif dan kreatif. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk memfasilitasi pengalaman belajar anak usia dini dalam mengenal elemen (air, api, dan udara). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan RnD (Research and Development) level 4 dengan 8 tahapan utama yaitu (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji coba produk, (7) revisi produk (8) hasil produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Validasi ahli dilakukan oleh ahli media digital, ahli materi, dan reviewer. Hasil validasi dari ahli media sebesar 73%, ahli materi 72%, dan reviewer 73%. Dari hasil ketiga validator tersebut maka media pembelajaran augmented reality dinyatakan layak. Pada hasil uji coba media pada 13 anak di TK Mulia Abadi pada tema air, api, dan udara mendapatkan nilai rata-rata 60% sampai 75% yang dapat disimpulkan bahwa media augmented reality ini telah berhasil dikembangkan dan memenuhi kriteria efektif dan sesuai, untuk kemudian disebarluaskan. Selain itu media ini juga dilengkapi dengan kuis untuk mengukur pengetahuan anak. Kata kunci : Media Digital, Augmented Reality

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Muhammad Abdab Syakura,S.Pd., M.Pd.I., Anwar Zain, S.Pd.I., M.Pd.
Tema: Pendidikan
Program Studi: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: utama
Date Deposited: 14 Feb 2025 00:53
Last Modified: 14 Feb 2025 00:53
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item