Arifani . (2018). HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN PRIMA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD DR. H. M. ANSARI SALEH BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
2. BAGIAN DEPAN.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
![]() |
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
11. MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
Abstrak
Kepuasan pasien ditentukan oleh banyak faktor antara lain kualitas pelayanan keperawatan yang diterima. Penilaian terhadap kualitas pelayanan keperawatan prima dapat dilihat melalui aspek disiplin, penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama, tanggung jawab, dan caring. Sedangkan pengukuran tingkat kepuasan dapat dilakukan menggunakan dimensi kenyataan (tangible), kepercayaan (reliability), tanggung jawab (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan Pelayanan keperawatan prima dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD dr. H. M. Ansari Saleh. Rancangan penelitian merupakan deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah semua pasien yang mendapatkan perawatan di IGD RSUD dr. H. M. Ansari Saleh. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan menggunakan kuesioner berisi informasi umum pasien dan item-item pernyataan yang diukur dengan skala likert. Uji validitas dan reabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan keperawatan pada aspek perhatian, komunikasi, kerjasama, dan caring masih perlu ditingkatkan, karena proporsi nilai sedang masih di atas 20%. Sedangkan untuk variabel tingkat kepuasan pasien terdapat 6% responden yang hanya merasa cukup puas, dikarenakan masih belum sempurnanya kepuasan di semua dimensi. Perhitungan uji statistik dengan Chi Square didapatkan p-value= 0,000 yang berarti memang ada hubungan antara pelayanan keperawatan prima dengan tingkat kepuasan pasien. Kata Kunci : Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, IGD Daftar Rujukan : 42 (2002-2017)
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Hiryadi, Ns., M.Kep., Sp.Kom, Didy Ariady, SKM.,M.Kes |
Tema: | Manajemen |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 02 Nov 2018 08:03 |
Last Modified: | 02 Nov 2018 08:03 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |