Arifani . (2018). HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN PRIMA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD DR. H. M. ANSARI SALEH BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (179kB)
[img] Text
2. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (673kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (326kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstrak

Kepuasan pasien ditentukan oleh banyak faktor antara lain kualitas pelayanan keperawatan yang diterima. Penilaian terhadap kualitas pelayanan keperawatan prima dapat dilihat melalui aspek disiplin, penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama, tanggung jawab, dan caring. Sedangkan pengukuran tingkat kepuasan dapat dilakukan menggunakan dimensi kenyataan (tangible), kepercayaan (reliability), tanggung jawab (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan Pelayanan keperawatan prima dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD dr. H. M. Ansari Saleh. Rancangan penelitian merupakan deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah semua pasien yang mendapatkan perawatan di IGD RSUD dr. H. M. Ansari Saleh. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan menggunakan kuesioner berisi informasi umum pasien dan item-item pernyataan yang diukur dengan skala likert. Uji validitas dan reabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan keperawatan pada aspek perhatian, komunikasi, kerjasama, dan caring masih perlu ditingkatkan, karena proporsi nilai sedang masih di atas 20%. Sedangkan untuk variabel tingkat kepuasan pasien terdapat 6% responden yang hanya merasa cukup puas, dikarenakan masih belum sempurnanya kepuasan di semua dimensi. Perhitungan uji statistik dengan Chi Square didapatkan p-value= 0,000 yang berarti memang ada hubungan antara pelayanan keperawatan prima dengan tingkat kepuasan pasien. Kata Kunci : Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, IGD Daftar Rujukan : 42 (2002-2017)

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Hiryadi, Ns., M.Kep., Sp.Kom, Didy Ariady, SKM.,M.Kes
Tema: Manajemen
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:03
Last Modified: 02 Nov 2018 08:03
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item