Jannah, Aulia’ul . (2022). ANALISIS MUTU PELAYANAN FARMASI KLINIK DI PUSKESMAS KECAMATAN BANJARBARU UTARA. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
a. COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
b. BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (483kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf

Download (608kB)
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
g. BAB 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstrak

Pelayanan farmasi klinik termasuk kedalam pelayanan kefarmasian yang bertanggung jawab kepada pasien untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Oleh karena itu, perlunya mengevaluasi mutu pelayanan farmasi klinik di Puskesmas berdasarkan standar Permenkes nomor 74 tahun 2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis mutu pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Kecamatan Banjarbaru Utara. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian observasional, non eksperimental dan deskriptif. Pengambilan data penelitian dilakukan secara retrospektif menggunakan penelusuran dokumen dan observasi secara concurrent melalui observasi langung. Indikator yang dinilai pada penelitian ini berjumlah 19 indikator yang meliputi pengkajian dan pelayanan resep (5 indikator), pelayanan informasi obat (1 indikator), konseling (1 indikator), visite pasien (1 indikator), monitoring efek samping obat (1 indikator), pemantauan terapi obat (1 indikator), dan evaluasi penggunaan (9 indikator). Hasil analisis penelitian dari 19 indikator pada Puskesmas Kecamatan Banjarbaru Utara yaitu pada Puskesmas Banjarbaru Utara terdapat 10 indikator yang memenuhi standar dan 9 indikator yang tidak memenuhi standar dengan hasil 55,55% . Sedangkan pada Puskesmas Sungai Ulin terdapat 9 indikator yang memenuhi standar dan 10 indikator yang tidak memenuhi standar dengan hasil 50%. Dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan farmasi klinik di Puskesmas Kecamatan Banjarbaru Utara termasuk kedalam kategori kurang sehingga perlunya perbaikan indikator pada indikator yang tidak memenuhi standar. Kata kunci: Farmasi klinik, Mutu pelayanan, Puskesmas

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Hendera, Dedi Hartanto
Tema: Farmasi
Program Studi: Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:09
Last Modified: 01 Aug 2022 03:09
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item