Hafiezh, Muqorrobin . (2020). STUDI LITERATUR HUBUNGAN PENGGUNAAN GAWAI DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4 – 6 TAHUN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Bagian Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL STUDI LITERATUR HUBUNGAN PENGGUNAAN GAWAI DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstrak

Pengguna gawai saat ini bukan hanya orang dewasa maupun remaja saja,anak-anak yang masih duduk di bangku playgroup dan Taman Kanak-kanak pun kini sudah tidak asing dengan gawai, mereka sudah mengenal dan mengerti tentang kecanggihan gawai. Hal ini bisa berdampak pada perkembangan sosial anak. Anak bisa cenderung bersifat agresif, susah beradaptasi, pemalu, manja, berkuasa, dan merusak. Penggunaan gawai yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan perkembangan, di antaranya gangguan bicara-bahasa, gangguan emosi, dan gangguan kognitif. Secara berurutan, penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gawai memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan sosialisasi-kemandirian, bicara dan bahasa, gerak halus, dan terakhir adalah gerak kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan penggunaan gawai dengan perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun, penelitian ini menggunakan studi literature jurnal yang telah direview, desain penelitian menggunakan crossectional dengan tahun publikasi di 3 tahun terakhir yaitu 2016-2020, sampel pada penelitian ini yaitu anak usia prasekolah yang diperbolehkan orang tuanya menggunakan gawai atau gadget, pengumpulan data menggunakan analisis PICOT. Hasil penelitian ini yaitu didapat bahwa penggunaan gawai atau gadget perlu adanya pembatasan waktu penggunaan gawai pada anak, serta orang tua diharapkan lebih mengenalkan anak terhadap kehidupan sekitarnya. Penggunaan gawai terhadap perkembangan social anak berpengaruh kepada anak yang memegang gawai terlalu lama cenderung memiliki keterampilan sosial yang negatif, namun gawai juga memberikan dampak positif jika penggunaanya secara tidak berlebihan dan tepat, kesimpulan ada hubungan antara penggunaan gawai dengan perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun. Kata kunci : gawai, perkembangan sosial, anak

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Mariani, Evy Noorhasanah
Tema: Keperawatan
Pediatri
Penelitian
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:21
Last Modified: 08 Mar 2021 02:21
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item