Tri Lestari . (2024). HUBUNGAN JENIS DAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERUBAHAN EMOSIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 3 DAN 4 DI SDN BELITUNG SELATAN 5 BANJARMASIN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB 2 Skripsi.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB 3 Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB 4 Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB 5 Skripsi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
MANUSKRIP TRI LESTARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
Abstrak
Sejalan dengan perkembangan zaman saat ini penggunaan gadget tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja tetapi juga digunakan oleh remaja hingga anakanak. Diungkapkan oleh World Health Organization (WHO) sebanyak 93,52 % pengunaan gadget oleh anak-anak sekolah berada diusia 7-14 tahun, mereka menggunakan gadget untuk mengakses media sosial seperti youtube dan game online. Sering kali anak-anak menggunakan gadget hingga lupa waktu yang menyebabkan ketergantungan. Gadget sendiri tidak hanya mempunyai dampak positif tetapi juga mempunyai dampak negatif seperti anak akan malas belajar, susah tidur, mudah marah, menjadi pemberontak, mudah meluapkan emosinya, malas beraktivitas dan masih banyak lagi dampak negatif yang terjadi apda anak. Maka dari itu peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah memang ada hubungan jenis dan durasi penggunaan gadget dengan perubahan emosional pada anak khususnya anak-anak sekolah dasar. Disini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey analitik didapatkan populasi sebanyak 102 orang dan yang menjadi sampel sebanyak 50 orang dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dengan teknik statistik spearman rank, bila nilai yang didapatkan > dari 0,05 maka hasilnya adalah ada hubungan antara 2 variabel dengan vaiabel lainnya. Dengan hasil analisis didapatkan bahwa ada hubungan antara jenis dan durasi penggunaan gadget dengan perubahan emosional pada anak sekolah dasar kelas 3 dan 4 di SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin. Sehingga dari kesimpulan tersebut diperoleh saran apa saja yang bisa dilakukan oleh orang tua dan pihak lain seperti pihak sekolah, peneliti sendiri dan lingkungan sekitar. Kata Kunci : Gadget, Durasi, Perubahan Emosional
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Muhsinin, Mariani |
Tema: | Ilmu Jiwa Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | admin perpus umbjm |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 06:33 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 06:33 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |