Marhkamah . (2020). GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK X KABUPATEN BALANGAN. KTI (Karya Tulis Ilmiah), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstrak
Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker untuk menjamin mutu pelayanan kefarmasian di apotek, maka harus dilakukan evaluasi mutu pelayananan kefarmasian (Narendra et al, 2017). Standar pelayanan kefarmasian di Apotek bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, menjamin kepastian hukum bagi Tenaga Kefarmasian dan melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien. Studi pendahuluan yang dilakukan di Apotek X Kabupaten Balangan mengenai data kepuasan pasien belum ada sebelumnya, namun hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Apotek X Kabupaten Balangan dari 10 orang pasien terdapat 2 orang pasien yang merasa puas dan 8 orang pasien yang merasa cukup puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian oleh Tenaga Kefarmasian Apotek X di Kabupaten Balangan. Pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan pengambilan sampel acak sederhana yaitu pasien yang datang ke Apotek X dari berbagai karakteristik yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Apotek sebanyak 47 pasien. Alat ukur yang digunakan adalah berupa kuesioner dengan 24 pertanyaan yang berkaitan dengan pelayanan kefarmasian. Hasil penelitian yang telah dilakukan di Apotek X kabupaten Balangan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan dari 47 sampel, yaitu pada kategori puas sebanyak 34 pasien / responden (72,34 %) dan kategori tidak puas sebanyak 13 pasien / responden (27,66 %), sehinggan perlu dilakukan peningkatan pengelolaan sumber daya seperti pengetahuan dan kompetensi sumber daya manusia dan sarana prasarana sehingga pelayanan kefarmasian menjadi lebih optimal lagi. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Apotek X Kabupaten Balangan Rujukan : 16 (2009 – 2019)
Jenis Artikel: | KTI (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Pembimbing: | Sri Rahayu, Rismayani |
Tema: | Farmakologi dan Obat-obatan Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 03:30 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 03:30 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |