MUHAMMAD HAKIM SETIAWAN . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstrak
Setiawan, Muhammad Hakim. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Menggunakan Media Educaplay Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Soraya Djamilah S.Pd., Gr., M.Pd., Ahmad Lazwardi S.Pd., M.Sc. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi persamaan garis lurus yang belajar menggunakan model pembelajaran team game tournament dan media educaplay. soal yang diberikan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ada sebanyak 4 soal. Subjek penelitian ada dua kelas dengan masing-masing kelas ada 20 siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis ini berfokus prosedur pengerjaan soal oleh siswa siswa melalui solusi yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini adalah untuk kelas eksperimen pada pre-test memiliki rata-rata nilai 2,63 dan untuk post-test memiliki rata-rata nilai 18,51. Sedangkan untuk kelas kontrol pada pre-test memiliki rata-rata nilai 9,53 dan untuk post-test memiliki rata-rata nilai 50,20, dengan nilai kenaikan nilai N-Gain adalah 16. Kesimpulanya dari kedua kelas tersebut adalah pembelajaran dengan metode saintfik lebih baik dibandingkan dengan Model pembelajaran Team Game Tournament dan media educaplay. Kata Kunci: Team Game Tournament; Persamaan Garis Lurus; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Soraya Djamilah. S.Pd., Gr., M.Pd., Ahmad Lazwardi. S.Pd., M.Sc. |
Tema: | Matematika |
Program Studi: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | utama |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 01:44 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 01:44 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |