Febrian, Aulivia . (2020). STUDI LITERATUR ANALISA KUALITAS PELAYANAN FARMASI DI RUMAH SAKIT BERDASARKAN ASPEK PELAYANAN RESEP DAN PEMBERIAN INFORMASI OBAT. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
2. Bagian Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstrak
Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan pasien mengenai waktu tunggu obat dan masih ada pasien yang kurang memahi mengenai informasi terkait obat yang diberikan oleh petugas IFRS. Hasil penelitian menggambarkan kualitas pelayanan resep; Pemberian informasi obat dan mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan resep dan pemberian informasi obat. Standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi literatur terkait analisa mutu dan kualitas pelayanan resep dan pemberian informasi obat. Pelaksanaan pelayanan resep dan pemberian informasi obat yang belum optimal, disebabkan oleh beberapa faktor tertentu antara lain yaitu : kurangnya sumber daya manusia dalam bidang farmasi, kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh tenaga farmasi, beban kerja yang terlalu banyak, petugas farmasi yang bersikap kurang ramah, harga obat yang relatif mahal, fasilitas ruangan untuk pemberian informasi obat belum tersedia, serta petugas farmasi dan pasien tidak memanfaatkan fasilitas ruangan untuk pemberian informasi obat. Hasil penelitian menyarankan Rumah Sakit agar lebih bisa memperbaiki mutu dan kualitas pelayanan farmasi di Rumah Sakit. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Resep, Pemberian Informasi Obat.
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | M. Anshari, Mustika Muthaharah |
Tema: | Farmakologi dan Obat-obatan Farmasi Penelitian |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > S1 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Dec 2020 02:59 |
Last Modified: | 22 Dec 2020 02:59 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |