Angrini, Irma Dwi . (2021). EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TELUK DALAM BANJARMASIN. KTI (Karya Tulis Ilmiah), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
BAB 1-converted.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB 2-converted.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB 3-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB 4-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB 5-converted.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan-converted.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
abstrak-converted.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
UCAPAN TERIMA KASIH-converted.pdf Download (86kB) |
Abstrak
Pelayanaan informasi obat merupakan salah satu bentuk dari pekerjaan kefarmasian, pelayanan informasi obat didefinisikan sebagai “kegiatan penyediaan dan pemberian informasi rekomendasi obat yang independen, akurat, komprehensif terkini oleh apoteker kepada pasien, masyarakat maupun pihak yang memerlukan di Puskesmas. Informasi obat memiliki peranan penting dalam rangka memperbaiki kualitas hidup pasien dan menyediakan pelayanan bermutu bagi pasien. Kualitas hidup dan pelayanan bermutu dapat menurun akibat adanya ketidak patuhan terhadap program pengobatan. Penyebab ketidak patuhan tersebut salah satunya disebabkan kurangnya informasi tentang obat, maka perlunya evaluasi pelayanan informasi obat di puskesmas. Penelitian ini bertujuan mengetahui evaluasi pelayanan informasi obat di Puskesmas Teluk Dalam Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipasi dimana peneliti melakukan pengamatan dan mencatat secara sistematis tanpa mengikuti secara langsung aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh objek penelitian. Sempel untuk penelitian ini menggunakan 50 responden dengan memberikan kuisioner kepada pasien. Hasil yang terealisasikan sebesar 68,28 % dan terjadi kesenjangan negatif sebesar 31,72 % dikarenakan ada sebagian informasi obat yang belum disampaikan sepenuhnya kepada pasien. Kata kunci : pelayanan informasi obat, pasien rawat jalan, Puskesmas
Jenis Artikel: | KTI (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Pembimbing: | Hayatus Sa’adah, Erriyadi Fazri |
Tema: | Farmakologi dan Obat-obatan Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 03:10 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 03:10 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |