Ikhsan, Muhammad Raffi . (2022). PROFIL KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI APOTEKER DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
MANUSKRIP RAFFI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstrak
Pelayanan kefarmasian yang optimal perlu didukung dengan pemberian informasi, edukasi serta monitoring penggunaan obat oleh apoteker untuk memastikan tujuan terapi pasien telah tercapai dan terdokumentasi dengan baik. Selain itu, apoteker juga harus memahami dan menyadari kemungkinan terjadinya kesalahan pengobatan (medication error) dalam proses pelayanan. Dalam melakukan pelayanan pharmaceutical care seperti konseling dan komunikasi menjadi hal yang sangat penting karena komunikasi merupakan suatu pelayanan yang mendukung dalam upaya kesembuhan pasien dalam menjalani pengobatan yang baik. Tujuan penelitian mengetahui profil kemampuan berkomunikasi seorang apoteker dalam pelayanan kefarmasian di apotek. Penelitian ini dilakukan pada 30 apoteker yang tersebar dibeberapa apotek kota Banjarmasin dengan desain Cross-sectional. Hasil dari 30 responden apoteker di apotek wilayah kota Banjarmasin yaitu sebanyak 13 (43,3%) apoteker sudah berkategorikan “baik”dan sebanyak 17 (56,7%) apoteker sudah berkategorikan “cukup”. Dari item pernyataan per indikator, yaitu pada indikator 1 dan 2 sudah berkategorikan “baik” yaitu sebanyak 28 (93,3%) dan 26 (86,6%). Dan pada indikator 3 sebanyak sebanyak 20 (66,6%) berkategorikan “kurang”. Kata Kunci : Apoteker, Pelayanan Kefarmasian, Kemampuan komunikasi Daftar Pustaka : 42 (2007-2021)
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Andika, Hasan Ismail |
Tema: | Farmakologi dan Obat-obatan Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > S1 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 01:45 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 01:45 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |