ASIAH . (2024). ANTARA KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DENGAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstrak

Asiah. 2024. Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Matematis dengan Resiliensi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Penyajian Data. Program studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, pembimbing I Iin Ariyanti, M.Pd. pembimbing II Arif Ganda Nugroho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan resiliensi matematis siswa pada materi penyajian data dan untuk mengetahui seberapa kuat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan resiliensi matematis siswa pada materi penyajian data. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Alalak yang berjumlah 117 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 28 siswa yang didapat menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes yaitu berupa tes uraian kemampuan pemahaman matematis dan angket resiliensi matematis. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi Pearson Product Moment. Kesimpulannya terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan resiliensi matematis dengan nilai Sign.(2-tailed) yang di dapat <0,001. Korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan resiliensi matematis siswa pada materi penyajian data dalam kategori sangat kuat sekali, nilai Correlation Pearson yang di dapat 0,921. Arah korelasi tersebut bernilai positif karena 0,921>0. Artinya, semakin tinggi kemampuan pemahaman matematis yang dimiliki oleh siswa maka semakin tinggi resiliensi matematis yang dimiliki siswa tersebut. Sebaliknya, semakin rendah kemampuan pemahaman matematis yang dimiliki oleh siswa, maka semakin rendah resiliensi matematis yang dimiliki siswa tersebut. Kata Kunci: kemampuan pemahaman matematis; resiliensi matematis; penyajian data

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Iin Ariyanti M.Pd., Arif Ganda NUgroho M.Pd.
Tema: Matematika
Program Studi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: utama
Date Deposited: 05 Dec 2024 02:40
Last Modified: 05 Dec 2024 02:40
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/3952

Actions (login required)

View Item View Item