Hairini, Hani . (2020). STUDI LITERATUR HUBUNGAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
2.BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
3.BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
3.BAB 2.pdf

Download (491kB)
[img] Text
4.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
5.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
6.BAB 5.pdf

Download (264kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10.MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstrak

Discharge planning merupakan proses perencanaan sistematik yang dipersiapkan bagi pasien untuk meninggalkan instansi perawatan (rumah sakit) dan untuk mempertahankan kontinuitas perawatan. Pasien yang tidak mendapat pelayanan sebelum pemulangan, terutama pasien yang memerlukan perawatan kesehatan di rumah konseling akan kembali keruang kedaruratan dalam 24-48 jam dan kemudian pulang kembali. Kondisi kekambuhan pasien ini tentunya sangat merugikan pasien,keluarga, dan juga rumah sakit sehingga rumah sakit lambat laun akan ditinggalkan oleh pelanggan. Indikasi kepuasan konsumen terhadap pelayanan rumah sakit adalah kepuasan terhadap komunikasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, khususnya perawat. kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Hubungan pelaksanaan discharge planning dan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien diruang rawat inap. Desain penelitian ini menggunakan studi literatur jurnal yang telah direview desain penelitian menggunakan Crosssectional sampel dalam penelitian ini semua pasien yang dirawat diruang rawat inap di rumah sakit instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan analisis PICOT, kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu didapat bahwa sebagian besar pelaksanaan discharge planning dan komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat adalah baik dan kurang, kesimpulan ada hubungan antara pelaksanaan discharge planning dan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien. Kata kunci: discharge planning, komunikasi terapeutik, kepuasan pasien

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Rida Millati, Didy Ariady
Tema: Ilmu Komunikasi
Keperawatan
Program Studi: Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:43
Last Modified: 18 Nov 2020 01:43
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item