Anggraini, Dessy Ana . (2021). HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANG RAWAT INAP (BEDAH, BERSALIN DAN SARAF) RSUD BRIGJEND H. HASAN BASRY KANDANGAN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1. SAMPUL.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
2. HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
![]() |
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstrak
Latar belakang: Pelaksanaan asuhan keperawatan tidak pernah lepas dari proses interaksi yang terjadi antara perawat dan klien karena keperawatan didasarkan pada hubungan merawat dan membantu, dalam hubungan ini komunikasi yang baik sangat dibutuhkan. Komunikasi adalah berbagi informasi terkait kesehatan antara klien dan perawat. Klien sebagai pengguna jasa pelayanan keperawatan menuntut pelayanan keperawatan yang sesuai dengan haknya, yakni pelayanan keperawatan yang bermutu dan paripurna. Klien akan mengeluh bila perilaku caring yang dirasakan tidak memberikan kepuasan bagi dirinya. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif perawat dengan tingkat kepuasan klien di Ruang Rawat Inap RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan. Metode: Desain penelitian ini adalah correlational dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah klien yang di rawat di Ruang Rawat Inap RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan yang berjumlah 20. Teknik random sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 17. Uji korelasi Spearman’s Rho dengan α=0,05. Hasil: Dalam penelitian ini 14 responden (82,4%) melaksanakan komunikasi efektif dan 3 responden (17,6%) belum/kurang melaksanakan komunikasi efektif dan 14 responden (82,4%) merasa puas dan 3 responden (17,6%) tidak puas. Hasil Uji Korelasi Spearman’s Rho diperoleh nilai p=0,000. Kesimpulan korelasi antara komunikasi efektif dengan kepuasan klien bermakna. Dengan nilai Korelasi Spearman sebesar 0,835 menunjukkan adanya hubungan komunikasi efektif perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan. Kata Kunci: komunikasi efektif, kepuasan, perawat. Referensi: 2010-2020
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Noor Amaliah, Iswantoro |
Tema: | Keperawatan |
Program Studi: | Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 03:35 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 03:35 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |