Ainah, Nur . (2020). STUDI LITERATUR PENGARUH KEHADIRAN APOTEKER TERHADAP MUTU PELAYANAN FARMASI KLINIK DI APOTEK. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
1.COVER.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
2.BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
3.BAB1.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
4.BAB2.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
5.BAB3.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
![]() |
Text
6.BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
Text
7.BAB5.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
10.MANUSKRIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstrak
Pelayanan kefarmasian telah mengalami perubahan yang semula hanya berfokus kepada pengelolaan obat (drug oriented), berkembang menjadi pelayanan komprehensif meliputi pelayanan obat dan pelayanan farmasi klinik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Fakta bahwa ketidakhadiran apoteker di apotek masih cukup banyak terjadi dan dapat mempengaruhi mutu pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran seberapa besar ketidak hadiran apoteker di apotek dan melihat pengaruh kehadiran apoteker di terhadap pelayanan farmasi klinik apotek. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini ialah literature review dengan menggunakan jurnal nasional yang telah terakreditasi SINTA dengan skor S1 – S4 dan jurnal internasional yang telah terindeks Scopus. Berdasarkan studi literatur ini dapat diketahui bahwa kehadiran apoteker belum sepenuhnya memenuhi standar yang berlaku. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kefarmasian adalah kehadiran APA, status APA, gaji/upah APA dan kepemilikan apotek. Rendahnya frekuensi kehadiran apoteker di apotek mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan kefarmasian yang akhirnya akan berdampak terhadap pengenalan apoteker kepada masyarakat, customer satisfaction dan loyalty serta omset apotek. Kata kunci: kehadiran apoteker, pelayanan farmasi klinik, customer satisfaction, loyalty
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Risya Mulyani, Muhammad Anshari |
Tema: | Farmasi Penelitian |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > S1 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 05:12 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 05:12 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |