Ainah, Nur . (2020). STUDI LITERATUR PENGARUH KEHADIRAN APOTEKER TERHADAP MUTU PELAYANAN FARMASI KLINIK DI APOTEK. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2.BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
3.BAB1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4.BAB2.pdf

Download (239kB)
[img] Text
5.BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
6.BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
7.BAB5.pdf

Download (86kB)
[img] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10.MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstrak

Pelayanan kefarmasian telah mengalami perubahan yang semula hanya berfokus kepada pengelolaan obat (drug oriented), berkembang menjadi pelayanan komprehensif meliputi pelayanan obat dan pelayanan farmasi klinik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Fakta bahwa ketidakhadiran apoteker di apotek masih cukup banyak terjadi dan dapat mempengaruhi mutu pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran seberapa besar ketidak hadiran apoteker di apotek dan melihat pengaruh kehadiran apoteker di terhadap pelayanan farmasi klinik apotek. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini ialah literature review dengan menggunakan jurnal nasional yang telah terakreditasi SINTA dengan skor S1 – S4 dan jurnal internasional yang telah terindeks Scopus. Berdasarkan studi literatur ini dapat diketahui bahwa kehadiran apoteker belum sepenuhnya memenuhi standar yang berlaku. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kefarmasian adalah kehadiran APA, status APA, gaji/upah APA dan kepemilikan apotek. Rendahnya frekuensi kehadiran apoteker di apotek mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan kefarmasian yang akhirnya akan berdampak terhadap pengenalan apoteker kepada masyarakat, customer satisfaction dan loyalty serta omset apotek. Kata kunci: kehadiran apoteker, pelayanan farmasi klinik, customer satisfaction, loyalty

Jenis Artikel: Skripsi
Pembimbing: Risya Mulyani, Muhammad Anshari
Tema: Farmasi
Penelitian
Program Studi: Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:12
Last Modified: 30 Nov 2020 05:12
URI: http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/1248

Actions (login required)

View Item View Item