Khairita, Nisfi . (2021). LAYANAN PESAN SINGKAT PENGINGAT UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN DIABETES MELITUS RAWAT JALAN PUSKESMAS BATI-BATI. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.docx Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB 1.docx Download (26kB) |
![]() |
Text
BAB 2.docx Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB 3.docx Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB 5.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
![]() |
Text
NASKAH SKRIPSI NISFI KHAIRITA_1748201110057.docx Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstrak
Diabetes melitus (DM) adalah kelompok gangguan metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemia serta kelainan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein akibat dari kerusakan sekresi insulin, sensitivitas insulin, atau keduanya. Penyakit diabetes melitus ini dapat mengakibatkan komplikasi mikrovaskular, makrovaskular, dan neuropatik kronis. Penyakit diabetes melitus ini dapat mengakibatkan komplikasi mikrovaskular, makrovaskular, dan neuropatik kronis. Diabetes melitus (DM) saat ini menjadi salah satu penyebab kematian yang utama di dunia. Perkiraan jumlah pasien DM tipe 2 di dunia sebanyak 439 juta jiwa pada tahun 2030 dari total populasi dunia sebanyak 8,4 miliar jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan pesan singkat berpengaruh terhadap kepatuhan pasien Diabetes melitus dalam meminum obat akan berdampak positif terhadap pengontrolan kadar glikemik darah di Puskesmas Bati-Bati periode April-Mei 2021. Dengan menggunakan aplikasi SPSS 20 dan metode yang digunakan adalah Metode Wilcoxon, dimana skor kepatuhan pre adalah 3,67 ± 1,06, sedangkan pada post meningkat menjadi 12,74 ± 1,21 dengan nilai p-value (0,000<0,05). Hasil studi berdasarkan data yang di dapat oleh peneliti bahwa persentase tingkat kepatuhan menggunakan kuisioner Morsky Medication Adherence Scale (MMAS-8) setelah diberikan layanan pesan singkat, tingkat kepatuhan tinggi sebesar 4,54%, kepatuhan sedang sebesar 45,45%, kepatuhan rendah sebesar 50%. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan pesan singkat pengingat yang diberikan farmasis efektif dapat meningkatkan kepatuhan dan mengontrol kadar glikemik darah pasien diabetes melitus di Puskesmas Bati-Bati. Kata Kunci : Diabetes Melitus, Kepatuhan Minum Obat, Layanan Pesan Singkat Pengingat.
Jenis Artikel: | Skripsi |
---|---|
Pembimbing: | Faisal Rahman, Tuty Mulyani |
Tema: | Farmakologi dan Obat-obatan Farmasi |
Program Studi: | Fakultas Farmasi > S1 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:17 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:17 |
URI: | http://eprints.umbjm.ac.id/id/eprint/2223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |